Sebaik-baik dari kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya (H.R. Bukhari)

Minggu

Seri Tanya Jawab TQ: Terapi Untuk Adik Yang Sedang Bermasalah

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustadz, bagaimana cara yang tepat dalam islam, untuk menasehati adik ustadz, saya punya adik laki-laki yang agak sedikit brlebihan dalam bergaul dengan teman-temannya.

Dia masih sekolah, 2 hari yang lalu dia jual hp nya untuk senang-senang dengan teman-temannya.

Orang tua sudah menasehati, tidak di anggap. Sampai pernah di pukul juga masih tetap saja.

Saya juga pernah bilang kepadanya: kalau kamu sekolah tidak serius, bergaul dengan anak-anak tidak baik, tidak usah sekolah saja. Uang sekolah lebih baik untuk mamak bapak. Malah dijawab: Kalau kamu tidak mau membiayai saya sekolah ya sudah tidak apa.

Bagaimana ustad, apa ada amalan khusus untuk kasus keluarga kami?

-Peserta TQ Lampung-



Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb

Pelajari QS. Al-Ahqaf 46: Ayat 15:

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا   ۗ  حَمَلَـتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا   ۗ  وَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوْنَ شَهْرًا   ۗ  حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةً   ۙ  قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ     ۗ  ۚ  اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun, dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim."


Doa sambil "mengamalkan" yang dituntunkan ayat tersebut dalam keseharian.

Periksa kamarnya, bacaannya, dan barang-barang yang dimilikinya..
Jika ada hal-hal yang berpotensi menjadi kesenangan jin pengganggu maka singkirkan/musnahkan.
Berikan selalu makanan dan minuman yang sudah "dibacakan".

Lakukan beberapa hari, kemudian ajak bicara lagi.


H. Riyadh Rosyadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar