Sebaik-baik dari kalian adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya (H.R. Bukhari)

Minggu

3 Hal Misi Khusus RasuluLLaah dalam Al-Quran

Ada 4 ayat dalam Al-Quran yang berkaitan dengan 3 hal misi khusus RasuluLLaah shallaLLaahu 'alaihi wasallam..

1 (satu) ayat sebagai doa (permohonan NabiyuLLaah Ibrahim 'alaihissalaam) dengan susunan:
• Tilawah - membacakan (apa adanya sebagaimana yang diturunkan).
• Ta'lim - mengajarkan.
• Tazkiyyah - menyucikan.

رَبَّنَا وَابْعَثْ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِكَ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُزَكِّيهِمْ ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Ya Tuhan kami, utuslah di tengah mereka seorang rasul dari kalangan mereka sendiri, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat-Mu dan mengajarkan Kitab dan Hikmah kepada mereka, dan menyucikan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.”
[Surat Al-Baqarah (2), Ayat 129]


3 (ayat) sebagai "jawaban" dari ALLaah swt terhadap permohonan Nabi Ibrahim tersebut yaitu dengan susunan:
• Tilawah - membacakan.
• Tazkiyyah - menyucikan,
• Ta'lim - mengajarkan.
___________



Ketiga hal itu adalah pola pembinaan SDM (baca: tarbiyyah).

1. Tilawah : Asholah dakwah (originalitas nilai)

2. Tazkiyyah : penyiapan jiwa untuk siap menampung ilmu yang bersih agar terjaga kebersihan ilmu itu saat diwujudkan dalam kalimat (lisan/tulisan) dan perbuatan.

3. Ta'lim : proses penuangan ilmu dari sumber-sumber yang bersih ke wadah yang sudah bersih.
[QS. 2:151, 3:164 & 62:2]

Dan susunan urutan yang dimohonkan oleh Nabi Ibrahim 'alaihissalaam tentang tugas-tugas khusus yang dijakankan oleh Nabi Muhammad shallaLLaahu 'alaihi wasallam, oleh ALLaah swt dijawab dengan susunan urutan yang berbeda. Ini menjelaskan bahwa proses tazkiyyah harus dilakukan bahkan sebelum ditambahkannya ilmu.

Agar nilai itu yang asalnya original tetap murni tidak bercampur kotoran-kotoran saat dikeluarkan melalui lisan/tulisan serta amal perbuatan.


كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ

Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu seorang Rasul (Muhammad) dari (kalangan) kamu yang membacakan ayat-ayat Kami, menyucikan kamu, dan mengajarkan kepadamu Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), serta mengajarkan apa yang belum kamu ketahui.
[Surat Al-Baqarah, Ayat 151]


لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولًا مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Sungguh, Allah telah memberi karunia kepada orang-orang beriman ketika (Allah) mengutus seorang Rasul (Muhammad) di tengah-tengah mereka dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka Kitab (Al-Qur'an) dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.
[Surat Ali 'Imran, Ayat 164]


هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُبِينٍ

Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.
[Surat Al-Jumu'ah, Ayat 2]
__________________


3 hal itu adalah misi khusus  الرسالة الخاصة risalah khoshoh Nabi Muhammad shallaLLaahu 'alaihi wasallam (menyiapkan sdm) untuk mencapai misi umum  الرسالة العامة  risalah 'ammah, yaitu merealisasikan ad-dien  إظهار الدين  izh-haarud diin [QS. 9:33, 48:28 dan 61:9]

هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk (Al-Qur'an) dan agama yang benar untuk diunggulkan atas segala agama, walaupun orang-orang musyrik tidak menyukai.
[Surat At-Taubah, Ayat 33]


هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ ۚ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ شَهِيدًا

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.
[Surat Al-Fath, Ayat 28]


 هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَىٰ وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, untuk memenangkannya di atas segala agama meskipun orang-orang musyrik membencinya.
[Surat Ash-Shaf, Ayat 9]


R. Rosyad

Buku Ikhtiar Terapi Quran

​MILIKI SEGERA untuk Membantu MEMUDAHKAN PROSES TERAPI QURAN Kita, Keluarga, dan Komunitas kita.



Telah siap cetakan kedua
Buku Ikhtiar Terapi Quran - ITQ
Disertai penambahan isi dari cetakan pertama.


Isi Buku ITQ:
1. Wazhifah Terapi Quran
2. Wazhifah (Dzikir Pagi Petang)
3. Identifikasi dengan Cek List 1 dan 2
4. RID (Ruqyah Indzar Da'awi)
5. Terapi 'Ain Majhul ('Ain Yang Tidak Diketahui Sumbernya)
6. Ikhtiar Nafs (Pembebasan, Pembersihan, dan Pengembalian Nafs)


halaman: 145
berat: 75 gram
harga normal: Rp. 20.000; (belum termasuk ongkir)

Dapatkan ​diskon menarik​ untuk pembelian dalam jumlah banyak.
Diskon ​mulai 10%​ untuk pembelian 10 ekps atau lebih.

Cara mendapatkan:
Kirim wa/sms sesuaikan format pemesanan: Pesan - Jumlah Pesanan - Nama Lengkap - Alamat Lengkap - (beserta kelurahan, kecamatan, dan kodepos) - No. HP dan WA

Kirim ke wa ​Admin Buku ITQ +62 895-6279-13029
Rekening Buku ITQ;
a.n Mince
BSM no Rek 7071245588


Note:
* ​Bagi yang sudah mengirim uang untuk pemesanan di tahap awal dan belum terkirim bukunya, maka tidak dikenai perubahan harga, hanya dikenai penambahan untuk biaya ongkos kirimnya saja.
* ​Silakan menghubungi admin di atas.


R. Rosyad

Seri Pengalaman TQ: Terapi Warung dengan QS. Al-Baqoroh

Berikut adalah pengalaman salah satu anggota room Terapi Quran yang dibina oleh ustadz R. Rosyad. 


Semalam di warung banyak sekali cicak, sampai merinding. Langsung saya bacakan ayat kursi dan 4 Qul (Al-Kafirun, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas) berulang ulang kali.

Bersamaan dengan ini, malam ini ALLaah masih menguji warung saya. Sejak dari ba'da ashar dibuka sampai Isya', belum ada 1 pun pengunjungnya.

AlhamduliLLaah setelah saya baca QS. Al-Baqoroh baru 3 lembar sudah ada pengunjung yang datang secara beruntun.

SubhanaLLaah AlhamduliLLaah.. ALLaah Maha Pemberi Rezeki.

- Fulanah -

_______________



ShodaqoLLaah wa shodaqo RasuluLLaah shallaLLaahu 'alaihi wasallam..

Diantara Keutamaan Surat Al-Baqoroh dan Ali Imran

Dari Abu Hurairah radhiaLLaahu 'anhu bahwa RasuluLLaah shallaLLaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan, sesungguhnya setan itu akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah.
(HR. Muslim no. 780)


Abu Umamah Al-Bahili radhiaLLaahu 'anhu berkata: Saya mendengar RasuluLLaah shallaLLaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ

Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafa’at kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. Bacalah Az-Zahrawain, yakni Al-Baqarah dan surah Ali Imran, karena keduanya akan datang pada hari kiamat nanti, seperti dua tumpuk awan menaungi pembacanya, atau seperti dua kelompok burung yang sedang terbang dalam formasi hendak membela pembacanya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah dan tidak membacanya adalah penyesalan. Dan para penyihir tidak akan dapat menghadapi/mengalahkannya.
(HR. Muslim no. 804)

R. Rosyad

Sabtu

Seri Tanya Jawab TQ: Seputar Film Kartun

Tanya Jawab ustadz R. Rosyad dengan anggota room Terapi Quran yang beliau asuh.

❓ Pertanyaan:
Bagaimana jika tokoh kartun itu Upin Ipin ?


Jawaban:

Seandainya tokoh fiktif itu namanya Hasan Husain-pun maka tetap termasuk.

Yang penting, PASTIKAN;
1. Isi / konten ceritanya aman secara akal sehat dan syariat.
2. Penampilan tokoh-tokohnya aman secara akal sehat dan syariat.
3. Ketika ada hal-hal yang tidak aman secara akal sehat, maka jelaskan bahwa itu pasti menggambarkan kemampuan bukan manusia secara fitrahnya. Yang mungkin itu jin atau di dunia jin.
4. Tidak menjadikannya sebagai idola. Apalagi dalam bentuk boneka, gantungan kunci, sticker, poster, gambar t-shirt, mainan, dan sebagainya.

Yang bertanggung jawab terhadap anak-anak adalah kita selaku orang tuanya.
___________


Baca juga:
Tanya Jawab ustadz R. Rosyad dengan anggota room Terapi Quran yang beliau asuh.

❓ Pertanyaan:
Bagaimana jika tokoh kartun itu Upin Ipin ?


✅ Jawaban:

Seandainya tokoh fiktif itu namanya Hasan Husain-pun maka tetap termasuk.

Yang penting, PASTIKAN;
1. Isi / konten ceritanya aman secara akal sehat dan syariat.
2. Penampilan tokoh-tokohnya aman secara akal sehat dan syariat.
3. Ketika ada hal-hal yang tidak aman secara akal sehat, maka jelaskan bahwa itu pasti menggambarkan kemampuan bukan manusia secara fitrahnya. Yang mungkin itu jin atau di dunia jin.
4. Tidak menjadikannya sebagai idola. Apalagi dalam bentuk boneka, gantungan kunci, sticker, poster, gambar t-shirt, mainan, dan sebagainya.

Yang bertanggung jawab terhadap anak-anak adalah kita selaku orang tuanya.


baca juga:
Seri Pengalaman Terapi Quran Seputar Kartun



Seri Pengalaman Terapi Quran: Tokoh Fiktif Kartun Manga

Ruqyah mendakwahi via chatting WA oleh ustdz R. Rosyad.


Tokoh kartun yang jadi topik dalam dialog Terapi Quran via WA kali ini adalah sepasang tokoh di cerita Samurai X, cerita komik (manga) Jepang yang kemudian dibuatkan filmnya.

Kami tidak menampilkan gambar kedua tokoh itu, tetapi yang ingin tahu untuk mempelajari lebih dalam tentang apa itu Samurai X bisa lihat di:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Samurai_X
http://rurounikenshin.wikia.com/wiki/Kaoru_Kamiya

Dialog ini tercatat tanggal 12 Oktober 2017.
Berikut transkrip-nya setelah disetujui oleh yang bersangkutan dan setelah dirubah initial namanya dan penyesuaian redaksi tulisan tanpa mengubah makna. (Keterangan: beliau adalah seorang ibu dengan 3 anak).
________________


[12/10/2017 15:50] Mrs F: Assalaamu'alaikum.
Afwan ustadz, mengganggu...
Tanya, boleh yaaa
[12/10/2017 15:52] Mrs F: Emang saya salah ya kalau pasang Profil Picture WA tokoh kartun jepang ???
[12/10/2017 15:55] Mrs F: Saya dari SMP sudah suka film kartun Samurai X itu.
Suka dengan karakter tokoh di film itu.
Memang tidak boleh suka dengan kartun ???
[12/10/2017 15:56] Mrs F: Saya pasang Profil Pircture wa Kenshin Himura kok orang-orang pada japri protes sih...???
Salahnya di mana...?

[12/10/2017 17:13] R Rosyad: 1. Profil Picture itu bisa mewakili/menjadi bagian jati diri. Dan tokoh Kenshin di PP itu termasuk jenis lukisan makhluk bernyawa, sanksinya besar di akhirat. Malaikat juga tidak mau masuk tempat yang ada lukisan makhluk bernyawa.
Yang ikut memiliki apalagi "menikmati"nya akan ikut terkena masalah.
2. Tokoh yang diidolakan, kuat "aura"nya. Disukai jin buruk.
3. Cerita itu Fiksi alias rekaan fiktif/khayal dari yang membuatnya. Khayalan yang "diilhami" jin.
4. Kekuatan/katangkasan si tokoh hanya ada di dunia jin.

[12/10/2017 17:15] Mrs F: Jadi salah ya
Saya pikir cuma buat Profil Picture wa aja kan

[12/10/2017 17:15] R Rosyad: Sepertinya ada sosok yang sudah lama menyertai Mrs. F yang juga menjadikan Mrs. F menyukai dan mengidolakan si Kenshin

[12/10/2017 17:15] Mrs F: Iya ustadz, saya ganti
[12/10/2017 17:17] Mrs F: Saya suka sosok ksatria dengan samurai seperti itu

[12/10/2017 17:17] R Rosyad: Gambarnya juga didelete..
Trus koleksi-koleksi Manga-nya juga dihapus baik yang digital maupun yang komik kertas. Filmnya juga..

[12/10/2017 17:18] Mrs F: Kok sedih
[12/10/2017 17:18] Mrs F: Saya suka dan cinta sekali dengan sosok kenshin (emoticon mmenangis).

[12/10/2017 17:20] R Rosyad: BismiLLaahirrahmanirrahiim
Siapapun dirimu yang mencintai Kenshin yang sudah sejak lama ada di Mrs. F.. bertaubatlah kepada ALLaah swt..
Jadilah hambaNya yang baik, patuh, dan berjuang di jalanNya..

[12/10/2017 17:20] R Rosyad: Mrs. F akan membimbingmu..

[12/10/2017 17:20] Mrs F: (emoticon menangis banyak sekali).
[12/10/2017 17:20] Mrs F: kenapaaaaaaa....???
[12/10/2017 17:21] Mrs F: Ada jiwa kaori dalam tubuh ini
[12/10/2017 17:21] Mrs F: Kaori itu belahan jiwa Kenshin

[12/10/2017 17:22] R Rosyad: Iya Saya tahu..
Dan dirimu menempati ruang sukma/nafs Mrs F. Yang nafs Mrs. F ada di sana, di duniamu, sejak lama..

[12/10/2017 17:23] Mrs F: Trus apa salahnya aku di sini...

[12/10/2017 17:23] R Rosyad: Biarkan nafs Mrs. F kembali ke tempatnya semula.. itu fitrahnya.
Dan fitrahmu adalah kembali kepada tugas penciptaan kita, menyembah ALLaah swt.
[12/10/2017 17:24] R Rosyad: Selain bukan haknya dirimu ada di dalam diri mrs. F, kalian juga harusnya berIslam.. menyembah ALLaah swt yang telah menciptakan kita semua..

[12/10/2017 17:24] Mrs F: Aku sudah nyaman di sini
[12/10/2017 17:25] Mrs F: Aku tidak mengganggunya

[12/10/2017 17:26] R Rosyad: Kenyamananmu selama ini karena selama ini mrs. F belum paham bahwa ada yang salah menyukai kisah-kisah kalian dan masuk ke dunia kalian..
Tapi sekarang akan beda..

[12/10/2017 17:27] Mrs F: Itu karena kamu terlalu jauh ikut campur
[12/10/2017 17:27] Mrs F: Dia tidak akan tau jika kamu tidak banyak bicara


[12/10/2017 17:27] R Rosyad: BismiLLaahirrahmanirrahiim

Mrs. F, mari nyatakan dengan tegas bahwa dirimu tidak menyukai lagi semua yang ALLaah swt tidak meridhoiNya..

Istighfar, lalu nyatakan baro-ah..

[12/10/2017 17:29] R Rosyad: Istighfar...

Lalu ucapkan..

A'uudzubiLLaahi minasy syaithaanir rajiim

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

Sesungguhnya Kami berlepas diri dari kalian dan dari segala yang disembah selain ALLaah

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

[12/10/2017 17:29] R Rosyad: Kembalilah kepada fitrah penciptaanmu.. Menyembah ALLaah
[12/10/2017 17:30] R Rosyad: Kaori..
Jadilah muslimah..

Ikutilah Mrs. F, nyatakan bersama pernyataan di atas itu..
[12/10/2017 17:30] R Rosyad: INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

INNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

*mINNAA BURO-AAA-U MINKUM WA MIMMAA TA'BUDUUNA MINDUUNILLAAH

[12/10/2017 17:30] Mrs F: Lalu bagaimana dengan Kenshin...?

[12/10/2017 17:31] R Rosyad: Kenshin, in syaaALLaah akan kita doakan. Semoga ALLaah swt memberinya juga hidayah..
Kemudian jadilah kalian pasangan muslim/muslimah yang berjuang di Jalan ALLaah

[12/10/2017 17:32] Mrs F: Baik, apa keuntungnnya kami mengikuti saranmu..?

[12/10/2017 17:33] R Rosyad: Kehidupan kita akan jauh lebih baik..
Dan akan ada kehidupan setelah dunia ini... yang sangat jauh lebih baik lagi..
[12/10/2017 17:33] R Rosyad: Dengarkan baik-baik..
(AUDIO: QS. Al-Maidah (5): 3 Alyauma akmaltu)

[12/10/2017 17:34] Mrs F: Tadinya aku ingin membawa Mrs. F ini ke jepang
[12/10/2017 17:35] Mrs F: Anak ini ingin sekali melihat bunga sakura dan gunung fuji
[12/10/2017 17:36] Mrs F: Baik... Baiklah... Saya mau ikuti saranmu

[12/10/2017 17:37] R Rosyad: Ikuti ini ...
[12/10/2017 17:38] R Rosyad: (AUDIO: TUNTUNAN SYAHADAT)
[12/10/2017 17:42] R Rosyad: Kaori, sebelum menyatakan keislamanmu
Baca dulu doa ini dulu. Sungguh-sungguh dari hatimu..

ALLAAHUMMASY-ROH SHUDUURONAA LIL ISLAAM

Ya ALLaah lapangkanlah dada kami untuk menerima Islam

ALLAAHUMMASY-ROH SHUDUURONAA LIL ISLAAM

ALLAAHUMMASY-ROH SHUDUURONAA LIL ISLAAM
[12/10/2017 17:42] R Rosyad: Setelah itu nyatakanlah sungguh-sungguh dari hatimu.. 👆🏻 (AUDIO: TUNTUNAN SYAHADAT)

[12/10/2017 17:42] Mrs F: Baiklah

[12/10/2017 17:43] R Rosyad: (AUDIO: IKHTIAR NAFS)
👇🏻
[12/10/2017 17:44] R Rosyad: Setelah itu baca ini..
Semoga nafs Mrs. F kembali ke tempatnya semula..
[12/10/2017 17:44] R Rosyad: ** sy sholat maghrib dulu..
[12/10/2017 18:07] R Rosyad: Mrs. F, PP-nya diganti yaa..

Pakai yg ada kalimat2 hikmah aja.

[12/10/2017 18:13] Mrs F: Iya baik ustadz

(Setelah sholat maghrib)
[12/10/2017 18:31] R Rosyad: Kelanjutan si Kaori tadi gimana?

[12/10/2017 18:36] Mrs F: Saya masih nyari buat ganti pp dulu, ustadz
[12/10/2017 18:58] Mrs F: Iya udah
[12/10/2017 18:58] Mrs F: Iya saya hanya ikuti aja semua petunjuk ustadz sampai selesai,  lalu saya sholat maghrib
[12/10/2017 20:10] Mrs F: saya masih tidak faham,  bagaimana sih ceritanya masak suka dengan tokoh kartun manga itu bisa sampai seperti itu...???
[12/10/2017 20:11] Mrs F: Apa karena terlalu menjiwai ketika menonton filmnya... terus nafsnya lepas...?
Trus bagaimana itu 'Kaori' bisa menempati ruangnya...?
[12/10/2017 20:14] Mrs F: Banyak tokoh kartun manga macam-macam, tapi tidak ada yang saya suka tuh...

Kecuali Kaori dan Kenshin saja...

Apa lagi saat SMK ada teman (beneran temen akrab sekali) namanya ARS...
Nah, yang memanggil saya pertama kali plus membiasakan saya dengan sebutan Kaori ya ARS
[12/10/2017 20:15] Mrs F: Lalu beliau minta saya memanggilnya Kenshin
[12/10/2017 20:16] Mrs F: ARS ini baik sekali kepada saya,  dari awal masa orientasi siswa sampe sudah beda kelas juga kami saling support satu sama lain.
[12/10/2017 20:17] Mrs F: Semua teman-teman tahu. Teman dan guru panggil saya dengan nama kecil.
Hanya ARS yang panggil saya Kaori, kapan dan di manapun di depan siapapun.

[12/10/2017 20:19] R Rosyad: ARS itu juga penikmat manga Samurai X ?

[12/10/2017 20:20] Mrs F: Tepat sekali
[12/10/2017 20:20] Mrs F: ARS bilang...sosok dan karakter Kaori itu mirip saya
[12/10/2017 20:22] Mrs F: Sekedar tahu, saat itu ARS itu bintang di sekolah inceran semua perempuan-perempuan sampai kakak kelas mengejar dia...
Tapi ARS malah memilih saya... katanya suka karena saya sederhana dan apa adanya...
Kami cuma temenan kok tidak pacaran
[12/10/2017 20:22] Mrs F: ARS bilang nyaman deket saya... Senyaman Kenshin saat bersama Kaori

[12/10/2017 20:23] R Rosyad: Mrs. F mulai ngikuti manga itu sejak SMP kan..?
Kalau ARS juga sudah sejak lama mengikuti Samurai X, maka yang di ARS itu mungkin si Kenshin. Dan "mengenali" Kaori-nya yang di Mrs. F.

Kalo ditelusuri, kemungkinan besar ARS itu juga berlatar belakang nasab/kasab yang tidak jauh beda..

[12/10/2017 20:24] Mrs F: Kalau suka filmnya dari SMP
[12/10/2017 20:24] Mrs F: Tapi sebutan ke saya dengan nama Kaori itu saat SMK
[12/10/2017 20:24] Mrs F: Saat kamu bertemu dari awal masa orientasi siswa

[12/10/2017 20:25] R Rosyad: Iya. Begitulah prosesnya.

[12/10/2017 20:25] Mrs F: Saya juga tidak tahu mengapa ARS tidak mau memanggil saya selain nama Kaori
[12/10/2017 20:30] Mrs F: Bahkan ya... Waktu saya rambutnya panjang... ARS sampe minta saya kuncir rambut seperti Kaori,  dan dia senang sekali liat saya di kuncir/jepit rambut dengan pita ala Kaori...
(padahal saya di bully oleh teman-teman krn katanya jadul dan kuno)
Tapi ARS suka dan senang sekali.
Katanya biarkan saja yang mengejek dan gak suka... Kamu cantik Kaori.
Kamu jauh lebih cantik dari mereka dan siapapun...
[12/10/2017 20:31] Mrs F: ARS itu sepertu malaikat pelindung,  setiap saya butuh pertolongan, kesusahan, sedih,  dan lain-lain... ARS selalu ada di samping saya...
[12/10/2017 20:40] Mrs F: Ping...
[12/10/2017 20:40] Mrs F: Ping...
[12/10/2017 20:40] Mrs F: Ping...
[12/10/2017 20:40] Mrs F: Ini Kaori sedih sekali
[12/10/2017 20:40] Mrs F: Saya harus bagimana ustadz...

[12/10/2017 20:41] R Rosyad: Kaori.. kamu tadi sudah bersyahadat kah?

[12/10/2017 20:41] Mrs F: Sudah
[12/10/2017 20:41] Mrs F: Aku ingin bersama Kenshin
[12/10/2017 20:42] Mrs F: Tolong pertemukan dan satukan aku dengan Kenshin
[12/10/2017 20:45] Mrs F: Iya Kaori... Tunggu sebentar... saya dan Ustadz Rosyad berusaha bantu kamu,  In syaa Allah.
Kami bukan ingin menyakiti kamu

[12/10/2017 20:48] R Rosyad: Kaori, ayo kita sama-sama berdoa..

Tujukan doa ini juga kepada Kenshin yang di ARS itu..

AlhamduliLLaahi Robbil 'Aalamiin
Wash-sholaatu wassalaamu 'alaa nabiyyinaa Muhammadin wa 'alaa aalihii wa shohbihii ajma'iin..

ALLoohumma yaa muqollibal quluub, tsabbit quluubanaa 'alaa diiniKa

Yaa ALLaah, yang membolak balikkan hati, tetapkanlah-mantapkanlah hati kami berada di jalan agamaMu

Yaa mushorrifal quluub, shorrif quluubanaa 'alaa thoo'atiKa

Wahai Dzat yang mengarahkan hati, arahkanlah hati kami agar cenderung taat kepadaMu

ALLaahumma ihdinash shiroothol mustaqiim

ALLaahumma ihdinash shiroothol mustaqiim

ALLaahumma ihdinash shiroothol mustaqiim

[12/10/2017 20:48] Mrs F: Gak Kaori... saya tidak bisa kalau saya yang harus datang dan menemui Kenshin.  Saya juga tidak tahu dia di mana...
Biarkan ustadz yang membantu kamu ya... Dengan cara beliau... saya hanya bisa bantu doa...

Saya ikut sedih... saya bisa merasakan perasaan kamu sekarang ini... Berdoalah kepada ALLaah,  semoga ALLaah menyatukan kalian...
[12/10/2017 20:49] Mrs F: Ini Kaori,  ikuti saran ustadz ya, ayo kita berdoa bersama... In syaa ALLaah

[12/10/2017 20:50] R Rosyad: BismiLLaahirrahmanirrahiim

Kenshin.. kemarilah dengan kemudahan dari ALLaah..

A'uudzubiLLaahi minasy syaithaanir rajiim

Aynamaa takuunuu ya`ti bikumuLLaahu jamii'aa, innaLLaaha 'alaa kulli syai-in qodiir

Aynamaa takuunuu ya`ti bikumuLLaahu jamii'aa, innaLLaaha 'alaa kulli syai-in qodiir

Aynamaa takuunuu ya`ti bikumuLLaahu jamii'aa, innaLLaaha 'alaa kulli syai-in qodiir

Aynamaa takuunuu ya`ti bikumuLLaahu jamii'aa, innaLLaaha 'alaa kulli syai-in qodiir

Aynamaa takuunuu ya`ti bikumuLLaahu jamii'aa, innaLLaaha 'alaa kulli syai-in qodiir

Aynamaa takuunuu ya`ti bikumuLLaahu jamii'aa, innaLLaaha 'alaa kulli syai-in qodiir
[12/10/2017 20:53] R Rosyad: Kaori..

Jika Kenshin sdh di sini.. ajakah dia untuk menerima Islam..
Perdengarkan juga audio di atas tadi ..

[12/10/2017 20:53] Mrs F: Maa syaa Allah... Saya dan Kaori bersama-sama melihat Kenshin (beberapa emoticon menangis)
[12/10/2017 20:54] Mrs F: Ayo kaori...ajaklah kenshin bersyahadat...

[12/10/2017 20:54] R Rosyad: Putarkan audio tentang Islam tadi..
(AUDIO: QS. Al- 5:3 Alyauma akmaltu)

[12/10/2017 20:55] Mrs F: Iya baik

[12/10/2017 20:55] R Rosyad: juga ini (AUDIO: DAKWAH - MA'RIFATULLAH, QS. Al-Hasyr (59): 22-24)
[12/10/2017 20:58] R Rosyad: Ajari doanya seperti tadi ...
[12/10/2017 20:58] R Rosyad: Doa lapang menerima Islam


Baca sungguh-sungguh dari hatimu..

ALLAAHUMMASY-ROH SHUDUURONAA LIL ISLAAM

Ya ALLaah lapangkanlah dada kami untuk menerima Islam

ALLAAHUMMASY-ROH SHUDUURONAA LIL ISLAAM

ALLAAHUMMASY-ROH SHUDUURONAA LIL ISLAAM
[12/10/2017 21:00] R Rosyad: 👆🏻Kemdian bimbing dengan audio syahadat tadi..

[12/10/2017 21:00] Mrs F: Iya, tadi Kenshin sempat menolak karena belum tahu apa itu islam dan mengapa harus masuk islam
[12/10/2017 21:02] Mrs F: Alhamdulillah setelah di perdengarkan doa-doa tersebut Kenshin seperti tersentuh dan melembut...
Lalu mau mengucapkan syahadat...
[12/10/2017 21:02] Mrs F: Maa syaa Allah...
Kaori dan Kenshin sudah bersama sekarang... (emoticon menangis)
[12/10/2017 21:03] Mrs F: Wallahu'alam...ini sungguhan apa tidak sih...
Saya kok ikutan sedih terharu gini

[12/10/2017 21:03] R Rosyad: AlhamduliLLaahilladzii bini'matihii tatimmush shoolihaat..
[12/10/2017 21:03] R Rosyad: Langsung bacakan untuk ARS ikhtiar nafs...
[12/10/2017 21:04] R Rosyad: Atau ikuti audionya..

[12/10/2017 21:04] Mrs F: ARS...?

[12/10/2017 21:04] R Rosyad: Iya..
Kenshin itu menempati yang di ARS..
Ruang sukmanya selama ini ditempati Kenshin itu

[12/10/2017 21:05] Mrs F: Sama seperti kaori menempati ruang di tubuh saya ya?

[12/10/2017 21:05] R Rosyad: Dan nanti mereka berdua agar bergabung dengan jamaah jin yang sholih..
[12/10/2017 21:05] R Rosyad: Iya

[12/10/2017 21:05] Mrs F: Ya Allah... saya baru faham sekarang..
[12/10/2017 21:05] Mrs F: Terjawab sudah..
[12/10/2017 21:06] Mrs F: saya dengan ARS juga tidak mengerti selama ini... Mengapa kami bisa punya rasa dan jiwa yang sama
[12/10/2017 21:06] Mrs F: Tapi ini unik
[12/10/2017 21:06] Mrs F: Kami seperti sedang memainkan 2 tokoh dengan karakter yang bukan kami sebetulnya...

[12/10/2017 21:06] R Rosyad: Ikuti atau perdengarkan. Ajak Kenshin muslim dan Kaori muslimah itu untuk mengarahkan bacaan Ikhtiar Nafs ke ARS..

[12/10/2017 21:07] Mrs F: Iya baik

[12/10/2017 21:07] R Rosyad: Semoga semuanya kembali kepada fitrahnya

[12/10/2017 21:08] Mrs F: Pantas saja hubungan kami dekat dan akrab seolah kami sudah lama kenal dan bersama...
Ternyata ini
[12/10/2017 21:08] Mrs F: Maa syaa ALLaah laa quwwata illa biLLaah...
[12/10/2017 21:09] Mrs F: Aamiin Allahumma Aamiin

[12/10/2017 21:10] R Rosyad: Sudah dibaca / diperkenalkan audio ikhtiar nafs..?
Sekalian juga buat Mrs. F untuk ruang-ruang kosong yang lainnya..
[12/10/2017 21:10] R Rosyad: diperdengarkan

[12/10/2017 21:10] Mrs F: Iya

[12/10/2017 21:11] R Rosyad: Diulangi 2 - 3 kali..

[12/10/2017 21:11] Mrs F: Iya baik ustadz

[12/10/2017 21:27] R Rosyad: Mrs. F .. sudah ikhtiar nafs-nya?

[12/10/2017 21:28] Mrs F: Sudah ustadz,  Alhamdulillah
[12/10/2017 21:29] Mrs F: Tadi saya lihat lagi gambar-gambar Kenshin dan Kaori, Kok beda
[12/10/2017 21:30] Mrs F: Gambar mereka tetap bagus saya suka.. Tapi rasanya kok datar saja begitu...biasa...
[12/10/2017 21:30] Mrs F: Tidak ada perasaan yang meluap-meluap di dada saya seperti sebelum-sebelumnya

[12/10/2017 21:33] R Rosyad: AlhamduliLLaah..

[12/10/2017 21:38] Mrs F: Mereka pergi dengan wajah yang bahagiaaaaa begitu
[12/10/2017 21:39] Mrs F: saya kok terharu ya dengab mereka..... itu nyata... Bukan kartun
[12/10/2017 21:41] Mrs F: Tadi pas saya ping..ping ustadz tadi... Kaori ini di belakang saya pakai kimono menangis-nangis minta ketemu kenshin...
Saya bingung...makanya langsung japri ustadz lagi
[12/10/2017 21:58] Mrs F: saya kan ngefans sama dia

[12/10/2017 21:58] R Rosyad: Doakan saja agar mereka bertemu dengan jamaah yang shalih, belajar agama di sana dan berdakwah sebagai bentuk syukur kepada ALLaah swt..

[12/10/2017 21:59] Mrs F: Iya ustadz,  in syaa ALLaah

[12/10/2017 22:01] R Rosyad: Ngefans-nya disudahi. Karena sudah tahu hakikat sebenarnya.
Maka, dalam pendidikan anak-anak para sahabat menceritakan kisah-kisah nyata perjuangan mereka bersama Nabi di dalam dakwah dan pertempuran. Itu semua real bukan fiksi.
Rawannya cerita fiksi itu adalah adanya imajinasi dan "ilham" jin yang dimasukkan ke penulisnya, sutradaranya bahkan hingga pemerannya.

[12/10/2017 22:02] Mrs F: Iya ustadz... Sekarang sudah tidak
[12/10/2017 22:04] Mrs F: tadi saya lihat-lihat lagi pandang-pandangi lagi gambar kenshin tapi kok biasa dan datar aja, ya hanya gambar biasa... Tidak ada luapan-luapan batin (seperti didak ada jiwanya).
Tadinya tuh saya kalau lihat gambar Kenshin itu seperti melihat belahan jiwa,
Ternyata itu semua perasaannya Kaori
yang di dalam diri saya.

__________ SELESAI.


Baca juga:
Serial Tanya Jawab TQ Seputar Kartun

Selasa

Hati Hati dengan Mata Rantai Dosa

oleh: Ustadz 'Aunurrafiq Shaleh Tamhid


Hisyam bin Hasan bertutur: Saya pernah berjalan di belakang al-Ala’ bin Ziyad al-Adawi sambil menghindari tanah yang becek. Tiba-tiba ada seseorang yang mendorongku lalu kakiku terperosok ke dalam tanah yang becek tersebut, lalu saya pun masuk dan berjalan di tanah becek tersebut dan tidak khawatir lagi terkena becek.

Sesampainya di pintu, al-Ala’ bin Ziyad berdiri dan berkata: Wahai Hisyam, apakah kamu sudah menyaksikan sendiri? Hisyam menjawab: Ya, sudah. Al-Ala’ bin Ziyad berkata: Demikian pula seorang muslim selalu menghindari dosa-dosa, tetapi apabila sudah terjatuh ke dalamnya ia akan menerabas dan berjalan di dalamnya. (Mawaqif Musyriqah fi Hayat as-Salaf, Musa Muhammad al-Aswad, 1/153)


Pesan: Berhati-hatilah dengan dosa, terutama dosa pembuka. Karena dosa pembuka ini ibarat pintu gerbang di sebuah benteng yang kokoh yang telah berhasil didobrak oleh musuh. Bila sudah didobrak maka mudah dimasuki oleh dosa-dosa berikutnya. Karena itu, dosa pembuka ini harus segera ditaubati agar tidak menjerumuskan seseorang ke dalam mata rantai dosa yang tidak diketahui bagaimana akhirnya.

Ini karena setiap dosa yang dilakukan pasti mengotori hati dan menorehkan titik hitam di dalamnya, sehingga bila tidak segera dibersihkan dikhawatirkan akan mendorongnya melakukan mata rantai dosa berikutnya tanpa bisa dihentikan dan tanpa disadarinya. Sabda Nabi saw:

”Berbagai fitnah dibentangkan di hati seperti dibentangkannya tikar. Setiap hati yang mengingkarinya maka tertoreh satu titik putih di dalamnya, dan setiap hati yang menyerapnya maka tertoreh satu titik hitam di dalamnya, hingga hati menjadi dua macam; hati putih seperti benda jernih, fitnah tidak akan membahayakannya selama langit dan bumi masih ada, dan yang lainnya hati hitam berdebu seperti panci kotor —Nabi saw memiringkan telapak tangannya— ia tidak mengenal kebaikan dan tidak mengingkari kemungkaran kecuali sesuatu yang terserap dari hawa nafsu”. (Musnad Ahmad 22193)

Kemudian Nabi saw mengajari kita bagaimana memandang dosa:

”Sesungguhnya orang beriman memandang dosa-dosanya seperti orang yang duduk di bawah bukit berbatu, ia takut bukit itu akan runtuh menimpanya. Sedangkan orang fajir memandang dosa-dosanya seperti lalat yang hinggap di hidungnya lalu ia menepisnya dengan tangannya begitu saja”. (HR. Bukhari 6308)

Karena itu, ALLaah memerintahkan agar kita bersegera membersihkan diri dari dosa agar terhindar dari akibat buruknya. Firman-Nya:

”Dan bersegeralah kamu kepada ampunam dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa”. [QS. Al-Imran (3): 133]

Tetapi setan selalu menggoda manusia untuk menunda taubat dan tidak mengakui kesalahan, dengan cara membukakan berbagai pintu alasan untuk membela diri seolah-olah ia tidak bersalah, padahal jika ia mau mendengarkan suara hatinya yang jernih cukup baginya untuk memyadari kesalahan dan dosanya. Firman ALLaah:

”Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri, meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya”. [QS. al-Qiyamah (75): 14-15].

Atau setan mengelabuinya dengan cara berangan-angan kepada ALLaah, dengan meremehkan kesalahan dan dosa karena ALLaah Maha Pengampun, atau menimpakan kesalahan kepada orang lain tanpa mau mengakui kesalahan dirinya sama sekali karena tidak mungkin orang hebat dan cerdas seperti dirinya berbuat salah. Firman ALLaah:

Setan itu memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal setan itu tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka”. [QS. An-Nisa’ (4): 120]

Sanda Nabi saw:

”Orang cerdas adalah orang yang mempersiapkan dirinya dan beramal untuk hari setelah kematian, sedangkan orang bodoh adalah orang yang jiwanya mengikuti hawa nafsunya dan berangan-angan kepada ALLaah”. (Musnad Ahmad 17124)

Karena itu, setelah dikeluarkan dari surga, Nabi Adam as segera mengakui kesalahan dan kezaliman dirinya seraya memohon ampunan kepada ALLaah:

”Keduanya berkata: “Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi”. [QS. Al-A’raf (7): 23]

Maka Nabi Adam as terhindar dari mata rantai dosa. Firman ALLaah:

”Kemudian Tuhannya memilihnya maka Dia menerima taubatnya dan memberinya petunjuk”. [QS. Thaha (20): 122]

_________


Tentang Al-Ala' bin Ziyad Al-'Adawi dan Hisyam bin Hasan


العلاء بن زياد العدوي البصري
أبو نصر العلاء بن زياد بن مطر بن شريح العدوي البصري كان من العباد الصالحين من أهل البصرة، ومن رواة الحديث النبوي ومن كبار التابعين. وكان كثير الخوف والورع، وكان يعتزل في بيته ولا يخالط الناس، وكان كثير البكاء، لم يزل يبكي حتى عمي، وله مناقب كثيرة.

Al-Ala' bin Ziyad Al-'Adawi Al-Bashoriy
Abu Nashr Al-Ala' bin Ziyad bin Muthrin bin Syuraih Al-'Adawi Al-Bashriy adalah salah seorang ahli ibadah yang shalih dari Bashrah.
Salah satu periwayat hadits Nabi dan salah satu Tabi'in Senior.
Sangat banyak takut dan sangat wara'. Ber'uzlah di rumahnya dan tidak banyak interaksi dengan manusia. Banyak menangis. Tidak berhenti menangis hingga matanya buta. Banyak catatan kehidupan tentang beliau.


هشام بن حسان
هشام بن حسان الإمام العالم، الحافظ محدث البصرة، أبو عبد الله الأزدي، القردوسي، البصري. أنه رأى أنس بن مالك، فإنه أدركه وهو قد اشتد.

Hisyam bin Hasan
Hisyam bin Hasan adalah seorang Imam yang ahli ilmu. Al-Hafizh muhadits Bashrah. Panggilannya Abu AbdiLLaah Al-Azdariy Al-Qordusiy Al-Bashriy. Pernah melihat sahabat Anas bin Malik, menjumpainya dalam keadaan beliau sudah sangat lanjut usia.

*Anas bin Malik radhiyaLLaahu 'anhu wafat di Bashrah pada usia antara 90-100 tahun.

__________

Direpost oleh R. Rosyadi

Seputar SEFT

Sekedar mengingatkan yang belum tahu... Menambahi yang sudah pernah..
Karena kejadiannya baru..
______


Dalam sebuah room diskusi, pembahasan tentag SEFT. Penjelasan disampaikan oleh  Praktisi-nya. Selain banyak anggota room yang bertanya/komentar, Saya juga ikut membahas.

Berikut dialognya...


Praktisi:

SEFT = Spiritual Emotional Freedom Technique.

SEFT, adalah terapi yang digabung menjadi satu ilmu. Disebut SEFT.
S+EFT
inti dasar dari seft, adalah SPIRITUAL+EFT

Ini adalah ilmu-ilmu gabungannya:
1. NLP
2. Systemic Desensitization
3. Psychoanalisa
4. Logotherapy
5. EMDR
6. Sedona Methode
7. Ericksonia Hypnosis
8. Provocative Therapy
9. Suggestion & Affirmation
10. Creative Visualization
11. Relaxing & Meditation
12. Gestald Therapy
13. Energy Psychology
14. Powerful Prayer
15. Loving kindness therapy

15 ilmu inilah yang digabungkan oleh pak Ahmad Faiz Zainuddin, founder SEFT.
Gabungan ilmu-ilmu ini, dipelajari di luar negri lebih dari 15 tahun.

Dalam proses terapinya, tidak semua ilmu digunakan. Tergantung problem pasiennya. Ilmu yang paling sering digunakan adalah:
1. Energy Therapy
2. Powerful Therapy
3. Loving Kindness Therapy

Energy Therapy adalah EFT, dengan menggunakan 9 atau 18 titik meridian, tergantung kondisi pasien.

Powerful Therapy dengan mengunakan 5 hal (yakin, fokus/khusyu', ikhlas, pasrah, syukur)

Loving Kindness Therapy dengan rasa sayang kita kepada pasien.



Saya:
Berarti jelas sekali yaa sumbernya SEFT dari ke 15 gabungan ilmu itu .

Kalau ditanya, SEFT itu terapi universal ataukah khusus untuk muslim?
Jika universal bagaimana caranya melakukan SEFT -nya tersebut?
Apakah menyebut juga nama ALLaah swt ataukah menyebutkan tuhannya masing-masing?



Praktisi:
Terapi SEFT bisa diterapkan kepada bayi, sampe nenek-nenek
Bisa kepada orang muslim atau orang kafir.
Pasien dipersilakan menyebut tuhannya. Kalo dia mau menyebut Alloh, silakan, menyebut Tuhan silakan.
____


Tanya:
Mas ..... diatas dijelaskan untuk menterapi non muslim boleh menggunakan  nama Tuhannya dia? Mengapa tidak diarahkan ke Robb-nya Orang Islam?



Praktisi:
Terima kasih pertanyaannya.

Kalo seperti Itu , memaksakan keyakinan. Tidak baik, pak.

Pasien akan merasa dipaksa.
Pasien akan merasa diislamisasikan.
Pasien akan merasa tertekan.

Buat saja dia nyaman dengan keyakinannya. Kita bantu terapi apa adanya.

Kita juga selipkan  doa untuk dia, siapa tahu Alloh beri hidayah.



Saya:
Contoh jika diilustrasikan bagaimana yaa?
Misalnya orang beragama Budha.. Secara praktek, redaksi kalimatnya bagaimana yaa?



Praktisi:
Terima kasih pak atas pertanyaannya.

Kalimat dasarnya:
SEFT sepertinya pengen seperti dokter.. Menyembuhkan siapa saja agama apapun..

Tapi mereka lupa kedokteran tidak melibatkan ikrar ketuhanan
Sedang SEFT melibatkan ikrar ketuhanan yang jika rela illah lain berarti musyrik

Maka saya gunakan SEFT tetep dengan menyebut Allah kalau perlu ikrar syahadat..
Karena niat utamanya dakwah.. Alloh, meskipun gigi saya cekot-cekot, saya terima rasa sakit ini. Dan saya pasrahkan kepadaMu kesembuhan saya

Silakan suruh mengganti sesuai keyakinan dia



Saya:
Berarti seperti ini ya kira-kira.. (saya copas sebagaimana besar kalimat anda)

Yaa budha yaa sidharta gautama, meskipun gigi saya cekot-cekot, saya terima rasa sakit ini. Dan saya pasrahkan kepadaMu kesembuhan saya.

Begitu yaa?



Praktisi:
Iya pak. Entah mereka nanti bicara apa.



Saya:
Berarti jika,
- yang menyebut Budha itu nanti sembuh...
- yang menyebut Wisnu itu juga sembuh..
- yang menyebut Jesus itu juga sembuh..
- yang menyebut dewa A, B, C dan seterusnya itu sembuh...

Artinya selain ALLaah (melalui SEFT) ini kita sadar/tidak memberi pengakuan bahwa memang banyak Tuhan yang semuanya sama-sama bisa memberi kesembuhan dan solusi-solusi lainnya itu yaa...

Nanti yang atheis .... (???)
Sembuh. Sementara misalnya dia bilang..

Saya yang tidak percaya kepada Tuhan apapun, meskipun gigi saya cekot-cekot, saya terima rasa sakit ini. Dan saya pasrah dengan sakit ini untuk kesembuhan saya.

Berarti yang menyembuhkannya bukan Tuhan yaa... Tapi keyakinan sembuh... (??)

Terus akidah kita sebagai Moslem Therapist, kemana?

Setahu saya, siapapun makhluk yang sakit yang menyembuhkan itu adalah ALLaah swt.

وَإِذَا مَرِضْتُ فَهُوَ يَشْفِينِ

dan apabila aku sakit, Dialah (ALLaah swt) Yang menyembuhkan aku,
[QS. Asy-Syuara (26): 80]

____
➖➖➖➖➖➖

Cerita Demo Alam Ghaib


➖➖➖➖➖➖

Ada dua pilihan dalam memutuskan apakah iya atau tidak mengonsumsi air A, B dan C yang tidak bisa "diinderawi" kandungannya, secara material tampak sama-sama jernih, bening, tidak berbau dan sama-sama menghilangkan dahaga itu.

Pertama
Cukup dengan mengetahui sumbernya.

Kedua
Periksakan ke laboratorium yang terpercaya.
____________


Tambahan

Rekan-rekan praktisi Ruqyah Syar'iyyah yang qoddaraLLaah bertemu dengan penanganan kasus-kasus pengguna/praktisi tenaga dalam (berbagai versi perguruan dan aliran). Mulai dari
- yang menggunakan amalan-amalan dzikir tertentu,
- yang "diisi" oleh gurunya,
- yang dengan pernafasan yang diawali dengan diisi gurunya dan dicampur dzikir-dzikir tertentu,
- yang dengan pernafasan "murni" tanpa hal-hal di atas, yang pelakunya paham agama, pendakwah, berakidah baik, tidak meniatkan apapun dalam latihan-latuhan pernafasannya kecuali untuk kesehatan semata, serta berusaha cermat dalam mengamati setiap gerakan latihannya agar terhindar dari kesyirikan... Bahkan yang bersangkutan saat itu adalah juga praktisi Ruqyah Syar'iyyah..

Saat diruqyah dan kemudian saat meruqyah dirinya, ALLaah swt taqdirkan jin-jinnya bereaksi. Dan setelah beberapa kali ruqyahan, dia coba lagi ilmunya (yang bisa mengeraskan jari jemari, mengeraskan leher, menyalurkan hawa panas/dingin, dan sebagainya) sudah tidak bisa lagi sekalipun dengan upaya keras dengan teknik-teknik yang dia pelajari sebelumnya..

____

Talbis itu memang halus.. Sangat halus..
Fitrah manusia memang tidak bisa dengan hal-hal semacam itu. Syaitan "mengabulkan" angan-angab kita saat menginginkannya dengan berbagai cara dan jalannya.

Syaitan jin dan manusia selalu aktif berkolaborasi (saling memberi ilham masukan-masukan) untuk terus mengupdate produk-produk menarik yang penuh tipuan di dalamnya untuk menggaet kita masuk dalam perangkapnya.

وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نَبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الْإِنْسِ وَالْجِنِّ يُوحِي بَعْضُهُمْ إِلَىٰ بَعْضٍ زُخْرُفَ الْقَوْلِ غُرُورًا ۚ وَلَوْ شَاءَ رَبُّكَ مَا فَعَلُوهُ ۖ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُونَ

Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.
[QS. Al-An'am (6): 112]

__________


BismiLLaahir rahmaanir rahiim

Ada seorang yang mulai meruqyah di tahun 1993 hingga sekarang berbagi pengalaman...

Orang itu mengatakan,
Lebih dari 200 praktisi pengobatan yang dulunya memiliki ilmu dari berbagai sumber dan berbagai cara yang "bisa mengobati berbagai macam jenis problem gangguan, yang jelas lebih dari 43 jenis di atas", tapi akhirnya berhenti dan bertaubat tidak mau lagi menggunakan ilmunya itu dan meminta untuk "di un-install" dibersihkan.

Intinya, para praktisi itu menilai bahwa bukan pada "manfaat/khasiat" apa yang terlihat dan terjadi. Karena jika itu ukurannya peluang masuk ke pintu ISTIDRAJ akan dimasuki tanpa disadarinya.

Dan lebih dari 200 orang itu merasa bersyukur, ALLaah swt selamatkan dari ISTIDRAJ.
___

Ukuran kita sebagai Terapis Islam tidak hanya melihat capaian-capaian obyektif materialnya karena semua itu ciri khas materialism-sekularism. Terutama hal-hal yang sifatnya "abstrak", unseen power, unseen energy - entah melalui "kekuatan" pikiran, kata-kata, inner power (melalui pernafasan, dan sebagainya), kekuatan gelombang otak, dan seterusnya.... Semua jenis itu membutuhkan sanad rangkaian ilmunya dan kejelasan sejarah pengambilannya yang menjamin keamanannya. Karena hal itu masuk dalam ranah ilmu abstrak, unseen energy, invisible worker/invisible power, kekuatan ghaib.

Harus ada garansi yang berasal dari sanad yang jelas dan aman secara syariat. Jika tidak, maka akan sangat terbuka peluang ISTIDRAJ yang terjadi..

________

Dari Uqbah bin 'Amir radhiaLLaahu ‘anhu, Nabi ﷺ bersabda,

إِذَا رَأَيْتَ اللَّهَ تَعَالى يُعْطِي الْعَبْدَ مِنَ الدُّنْيَا مَا يُحِبُّ وَهُوَ مُقِيمٌ عَلَى مَعَاصِيهِ فَإِنَّمَا ذَلِكَ مِنْهُ اسْتِدْرَاجٌ

“Apabila engkau melihat ALLaah swt memberikan "dunia" kepada seorang hamba, sementara dia berada dalam penyimpangan, maka itu hakikatnya adalah istidraj

Kemudian Nabi ﷺ membaca firman Allah,

فَلَمَّا نَسُوا مَا ذُكِّرُوا بِهِ فَتَحْنَا عَلَيْهِمْ أَبْوَابَ كُلِّ شَيْءٍ حَتَّى إِذَا فَرِحُوا بِمَا أُوتُوا أَخَذْنَاهُمْ بَغْتَةً فَإِذَا هُمْ مُبْلِسُونَ

“Tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, Kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, Kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.” [QS. Al-An’am (6): 44]

(HR. Ahmad 17349, Thabrani dalam Al-Kabir 913, As-Shahihah, no. 414).


R. Rosyad